Senin, 06 Januari 2014

Ciri Organisasi dan Unsur Organisasi

Ciri Organisasi dan Unsur Organisasi

-      CIRI-CIRI ORGANISASI
•   Organisasi bertambah besar
•   Pengolahan data semakin cepat
•   Penggunaan staf lebih intensif
•   Kecendrungan spesialisasi
•   Adanya prinsip-prinsip atau azas-azas organisasi
•   Unsur-unsur organisasi lebih lengkap


-      Menurut Berelson dan Steiner sebuah organisasi memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
·  Formalitas, merupakan ciri organisasi sosial yang menunjuk kepada adanya perumusan   tertulis daripada peratutan-peraturan, ketetapan-ketetapan, prosedur, kebijaksanaan, tujuan, strategi, dan seterusnya.
·      Hierarkhi, merupakan ciri organisasi yang menunjuk pada adanya suatu pola kekuasaan dan wewenang yang berbentuk piramida, artinya ada orang-orang tertentu yang memiliki kedudukan dan kekuasaan serta wewenang yang lebih tinggi daripada anggota biasa pada organisasi tersebut.
·      Besarnya dan Kompleksnya, dalam hal ini pada umumnya organisasi sosial memiliki banyak anggota sehingga hubungan sosial antar anggota adalah tidak langsung (impersonal), gejala ini biasanya dikenal dengan gejala “birokrasi”.
·      Lamanya (duration), menunjuk pada diri bahwa eksistensi suatu organisasi lebih lama daripada keanggotaan orang-orang dalam organisasi itu.

-      UNSUR-UNSUR ORGANISASI
•   Manusia(Man)
•   Kerjasama
•   Tujuan Bersama
•   Peralatan (Equipment)
•   Lingkungan
•   Kekayaan alam
•   Kerangka/Konstruksi Mental Organisasi
-      Secara garis besar organisasi mempunyai tiga unsur yaitu :
1.      Manusia.
2.      Kerjasama.
3.      Tujuan bersama-sama.
-      Secara ringkas unsur-unsur organisasi yang paling dasar adalah :
•         Harus ada wadah atau tempatnya untuk bekerja sama.
•         Harus ada orang-orang yang bekerja sama.
•         Kedudukan dan tugas masing-masing orang harus jelas.
•         Harus ada tujuan bersama yang mau dicapai.
-      Unsur dasar yang membentuk suatu organisasi terdiri dari :
•      Anggota organisasi
Yaitu, Orang-orang yang melaksanakan pekerjaan organisasi, membentuk organisasi serta terlibat dalam beberapa kegiatan primer. Orang-orang ini terlibat juga dalam kegiatan pemikiran-pemikiran yang meliputi konsep-konsep, penggunaan bahasa, pemecahan masalah, dan pembentukan gagasan. Mereka juga terlibat dalam kegiatan-kegiatan perasaan yang mencakup emosi, keinginan, dan aspek-aspek perilaku manusia lainnya yang bukan aspek intelektual. Mereka juga terlibat dalam kegiatan self-moving (mencakup kegiatan fisik). Dan mereka terlibat juga dalam kegiatan elektrokimia yang mencakup brain synaps (daerah kontak otak tempat impuls saraf ditransmisikan hanya ke satu arah).

•      Pekerjaan dalam organisasi
Pekerjaan ini terdiri dari tugas-tugas formal dan tugas-tugas informal. Tugas-tuguas ini menghasilkan produk dan memberikan pelyanan organisasi. Pekerjaan ini ditandai oleh tiga dimensi universl :
1.          Isi
2.          Keperluan
3.          Konteks

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar