Minggu, 05 Juni 2016

Invensi Twitter

Invensi Twitter

Bidang Teknik Invensi

Invensi merupakan ide inventor yang dituangkan ke dalam suatu kegiatan pemecahan masalah yang spesifik di bidang teknologi, dapat berupa produk atau proses atau penyempurnaan dan pengembangan produk atau proses.  invensi ini merupakan invensi jaringan sosial media menggunakan bidang Teknologi Informasi, yaitu Twitter.

Latar Belakang Invensi

Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut.

Invensi teknologi yang berkaitan dengan hak intelektual sebuah trademark / merk dagang dan juga telah diungkapkan sebagaimana terdapat pada paten (UU 14 tahun 2001, ps. 1, ay. 1) dengan judul Paten, dimana diungkapkan Paten adalah hak eksklusif yang diberikan oleh Negara kepada penemu atas hasil penemuannya di bidang teknologi, yang untuk selama waktu tertentu melaksanakan sendiri Invensinya tersebut atau memberikan persetujuannya kepada pihak lain untuk melaksanakannya. Namun, invensi tersebut masih terdapat kekurangan, yaitu berhubungan dengan aspek internal dan eksternal yang diantaranya adalah keamanan data dari pengguna dan privasi.

Uraian Ringkas Invensi (Sejarah awal terbentuknya Skype)

Twitter berawal dari sebuah diskusi yang diselenggarakan oleh anggota dewan dari Podcasting perusahaan Odeo. Dalam pertemuan tersebut, Jack Dorsey memperkenalkan ide twitter dimana individu bisa menggunakan SMS layanan untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Proyek ini dimulai pada tanggal 21 secara terbuka pada tanggal 15 Juli 2006. Twitter menjadi perusahaan sendiri pada bulan April 2007.
Popularitas Twitter mulai meningkat pada tahun 2007 ketika terdapat festival South by Southwest (SXSW). Selama acara tersebut berlangsung, penggunaan Twitter meningkat dari 20.000 kicauan per hari menjadi 60.000. Reaksi di festival itu sangat positif.
Pada tanggal 14 September 2010, Twitter mengganti logo dan meluncurkan desain baru.
Fitur

1. @
Fitur @ digunakan untuk memberi pesan atau twit kepada pengguna lain. Fitur ini merupakan fitur yang harus digunakan saat memberi twit kepada orang lain. Untuk memberi twit yang hanya sebagai pemberitahuan dari pengguna, pengguna tidak harus menggunakan fitur ini.

2. Membalas Pesan (RT Retweet)
Fitur ini bisa digunakan untuk membalas twit yang disampaikan oleh pengguna lain serta digunakan untuk menyampaikan ulang pesan yang terdapat pada halaman kita. Cara penggunaan yaitu dengan menekan fitur RT pada twit yang ingin dibalas atau ingin ditulis ulang. Contohnya: RT @tora152: hai teman apa kabar?.

3. Favorit (Fav)
Fitur ini dapat digunakan bila pengguna menyukai satu atau beberapa twit yang ditampilkan pada halaman utama pengguna. Untuk melakukan kegiatan ini cukup dengan mengeklik fitur fav pada twit yang disukai.

4. Pesan Pribadi (DM)
Fitur ini digunakan untuk memberi pesan pribadi kepada pengguna yang ingin dituju. Cara penggunaannya adalah dengan mengeklik fitur DM maka secara otomatis akan muncul kotak kecil tempat pengguna dapat menulis pesan pribadi.

5. Hapus (del)
Fitur ini digunakan untuk menghapus twit yang pernah disampaikan oleh pengguna atau twit yang terdapat nama pengguna. Penggunaan fitur ini sama dengan fitur Favorit.

6. Ikuti (Follow)
Fitur ini merupakan salah satu fitur utama dari jejaring sosial Twitter. Untuk menambah teman para pengguna, maka pengguna harus menggunakan fitur ini. Cara penggunaan fitur ini adalah membuka profil pengguna yang akan diikuti lalu menekan tombol Ikuti.

7. Tidak Mengikuti (Unfollow)
Fitur ini merupakan kebalikan dari fitur sebelumnya. yaitu untuk tidak mengikuti pengguna yang sebelumnya telah diikuti oleh pengguna. Cara penggunaan fitur ini sama dengan fitur Ikuti, yaitu dengan membuka profil pengguna yang tidak ingin digunakan lagi lalu menekan fitur Tidak Ikuti.

8. Teman (friends)
Fitur ini digunakan untuk melihat para pengguna lain yang diikuti oleh pengguna. Fitur ini akan menampilkan lima profil akun yang diikuti oleh pengguna pada tiap halaman. Urutan tampilan profil akun yang diikuti ini adalah mulai dari yang terakhir diikuti oleh pengguna yang bersangkutan.

9. Pengikut (Followers)
Fitur ini digunakan untuk melihat pengguna pengguna lain yang mengkuti akun pengguna yang bersangkutan. Halaman yang ditampilkan untuk profil ini sama dengan tampilan halaman pada fitur Teman.

10. Unggah Foto (Upload Photo)
Fitur ini memudahkan pengguna untuk mengunggah foto. Cara menggunakan fitur ini yaitu dengan menekan tombol fitur, selanjutnya dapat mengunggah dengan dua cara pertama mengambil foto atau mengakses foto yang tersimpan dari perangkat yang dipakai.

11. Ikon Ekspresi
Fitur ini memampukan pengguna untuk mempercantik pesan atau twit yang ingin disampaikan baik yang ditujukan kepada pengguna lain maupun yang tidak. Ikon ekspresi yang terdapat pada jejaring-jejaring lokal seperti Kaskus dan Parampaa Land. Fitur ini belum terdapat pada situs resmi jejaring sosial Twitter.

12. Twitter oAuth
Fitur ini merupakan salah satu fitur utama yang terdapat pada jejaring sosial Twitter yang berguna untuk menjamin keamanan data pengguna.

13. Teks Panjang (Long Text)
Fitur ini merupakan fitur yang memampukan pengguna untuk menulis pesan atau twit lebih dari 140 karakter huruf. Jejaring sosial Twitter hanya membatasi pengguna untuk menyampaikan pesan hanya 140 karakter. Untuk menggunakan fitur ini, pengguna harus melakukan aktivasi melalui pengaturan aplikasi yang dilanjutkan dengan mengaktifkan fitur melalui tombol Dukung Teks Panjang (Support Long Text).

14. Lokasi Geo Manual ( Manual Geo Location)
Fitur ini memampukan pengguna untuk mengetahui dimana lokasi dari pengguna sekarang maupun lokasi dari pengguna lain yang diikuti saat melakukan pembaharuan pesan. Fitur ini baru terdapat pada dua aplikasi yaitu Tuitwit dan UberTwitter.

15. Mendiamkan (Mute)
Fungsi dari fitur ini adalah tidak menampilkan status terbaru dari pengguna lain yang diikuti. Fitur ini dapat digunakan jika pengguna ingin menyamarkan keberadaannya, yaitu dengan tetap menjadi pengikut dari pengguna lainnya namun tidak mengikuti status terbaru yang dikirim oleh pengguna tersebut. Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna harus membuka akun profil dari pengguna yang ingin didiamkan, kemudian setelah halaman profil pengguna yang diikuti tampil, pengguna dapat menekan tombol fitur untuk mendiamkan tersebut.

16. Siapa Yang Tidak lagi Mengikutimu ( Who is Not Following You Back)
Fitur ini memampukan pengguna untuk memeriksa pengguna yang tidak lagi menjadi pengikut dari akun profil pengguna.

17. Warna ( Color)
Fitur ini memampukan pengguna untuk mengubah tampilan warna pada halaman profil. Terdapat lima pilihan warna pada fitur ini yaitu Merah, Biru, Biru Gelap, Hijau, dan Hitam. Untuk menggunakan fitur ini, pengguna harus masuk melalui tombol pengaturan, kemudian menekan tombol warna, memilih warna lalu menekan tombol simpan.

18. linimasa 
fitur baru yang dinamai "show me the best Tweets first". Fitur tersebut kurang lebih memunculkan kicauan terpopuler -bukan terbaru- pada linimasa teratas saat pengguna membuka Twitter.

Uraian Singkat Gambar

                                       Gambar 1. Tampilan awal twitter.

Sejarah Twitter, Sejarah Singkat Twitter, Awal Berdirinya Twitter, Pendiri Twitter, Penemu Twitter, Logo Twitter, twitter
               Gambar 2. Foto pembentuk Twitter, Jack Dorsey - Biz Stone - Evan Williams

                                 Gambar 3. Tampilan halaman awal twitter setelah login

Sejarah Lengkap Twitter

Asal mula Twitter berawal dari acara diskusi yang diselenggarakan oleh sebuah perusahaan podcast bernama Odeo. Jack Dorsey, seorang mahasiswa sarjana di Universitas New York, mengemukakan gagasannya mengenai penggunaan layanan pesan singkat untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Nama kode proyek asli untuk layanan ini adalah twttr, gagasan yang kemudian diungkapkan oleh Evan Williams dikemukakan oleh Noah Glass; terinspirasi oleh Flickr dan kode singkat SMS Amerika yang jumlahnya lima digit. Para pengembang awalnya memutuskan angka "10958" sebagai kode singkat untuk layanan ini, namun kemudian diubah menjadi "40404" untuk kemudahan "penggunaan dan pengingatan." Pengerjaan proyek ini dimulai pada tanggal 21 Maret 2006, ketika Dorsey memublikasikan pesan Twitter pertamanya pada pukul 9:50 PM PST. Pesan tersebut berbunyi: "just setting up my twttr".
"...kami memilih kata 'twitter', dan itu sempurna. Defenisinya adalah 'ledakan singkat informasi tidak penting', dan 'celotehan burung'. Dan seperti itulah tepatnya produk ini. – Jack Dorsey
Twitter pertama kali digunakan sebagai layanan internal bagi karyawan Odeo, dan versi lengkapnya diperkenalkan kepada publik pada tanggal 15 Juli 2006. Pada bulan Oktober 2006, Biz Stone, Evan Williams, Dorsey, dan staf Odeo lainnya membentuk perusahaan baru, mengakuisisi Odeo dan semua asetnya – termasuk Odeo.com dan Twitter.com – dari investor dan pemegang saham. Williams lalu memecat Glass, yang tidak mengungkapkan mengenai perannya dalam pendirian Twitter hingga tahun 2011. Twitter berdiri sebagai perusahaan mandiri pada bulan April 2007.
Titik puncak popularitas Twitter terjadi saat penyelenggaraan konferensi South by Southwest Interactive (SXSWi) pada tahun 2007. Selama acara tersebut, penggunaan Twitter meningkat dari 20.000 kicauan menjadi 60.000 kicauan per hari. Menurut Steven Levy dari Newsweek, "Orang-orang Twitter dengan cerdik menempatkan layar plasma 60 inci di aula konferensi, yang secara eksklusif menayangkan pesan Twitter. Para panelis dan pembicara membicarakan layanan tersebut, dan para blogger yang hadir memujinya."
Reaksi publik pada konferensi tersebut sangat positif. Blogger Scott Beale berkata bahwa Twitter "benar-benar merajai" SXSWi. Pakar media sosial, Danah Boyd, mengatakan bahwa Twitter "menguasai" konferensi. Staf Twitter menerima penghargaan Web Award, dan menyatakan: "kami ingin mengucapkan terima kasih dalam 140 karakter atau kurang. Dan kami baru saja melakukannya!".

Pesan Twitter pertama yang dikirimkan dari luar Bumi diposting dari Stasiun Luar Angkasa Internasional oleh astronot NASA bernama T. J. Creamer pada tanggal 22 Januari 2010. Pada akhir November 2010, rata-rata selusin kicauan per hari diposting dari akun @NASA_Astronauts. NASA juga telah menggelar lebih dari 25 "tweetups", yaitu ajang yang menawarkan akses VIP ke fasilitas NASA bagi para peserta di jejaring sosial untuk meningkatkan tujuan penjangkauan NASA.
Internet, seperti jaringan apa pun, dapat diawasi oleh penjahat dan peretas pada tingkat apa pun. Ini adalah salah satu alasan mengapa email dan banyak program obrolan internet tidak aman. Karena ada banyak cara bagi orang tidak dikenal untuk mengawasi komunikasi , pengguna harus mengambil langkah positif untuk melindungi diri pengguna dari pihak ketiga yang berbahaya.

Pertumbuhan Twitter
Twitter mengalami pertumbuhan yang pesat. Terdapat 400.000 kicauan yang diposting per kuartal pada tahun 2007. Jumlah ini meningkat menjadi 100 juta kicauan per kuartal pada 2008. Pada Februari 2010, pengguna Twitter mengirimkan 50 juta kicauan per hari. Pada Maret 2010, perusahaan mencatat terdapat lebih dari 70.000 aplikasi Twitter terdaftar. Hingga bulan Juni 2010, menurut Twitter, sekitar 65 juta kicauan diposting setiap harinya, atau sekitar 750 kicauan per detik,dan pada bulan Maret 2011, jumlah kicauan yang diposting setiap harinya mencapai 140 juta. Menurut laporan Compete.com, posisi Twitter naik ke peringkat ketiga sebagai situs jejaring sosial yang paling sering dikunjungi pada bulan Januari 2009, dari yang sebelumnya menempati peringkat dua puluh dua.
Twitter mengakuisisi perusahaan pengembang aplikasi, Atebits, pada tanggal 11 April 2010. Atebits sendiri telah mengembangkan aplikasi klien Twitter bernama Tweetie, yang dirancang untuk Mac dan iPhone, serta telah memenangkan Apple Design Award. Saat ini, aplikasi tersebut bernama "Twitter", yang didistribusikan secara gratis dan menjadi klien Twitter resmi untuk iPhone, iPad, dan Mac.
Lonjakan penggunaan Twitter umumnya terjadi saat berlangsungnya peristiwa-peristiwa populer. Sebagai contoh, rekor Twitter tercatat pada penyelenggaraan Piala Dunia FIFA 2010, saat penggemar menulis 2.940 kicauan per detik setelah Jepang mencetak gol ke gawang Kamerun pada tanggal 14 Juni 2010. Rekor ini dipecahkan ketika 3.085 kicauan diposting per detiknya oleh pengguna yang merayakan kemenangan Los Angeles Lakers dalam Final NBA 2010 pada tanggal 17 Juni 2010, dan dipecahkan lagi saat Jepang mengalahkan Denmark dalam Piala Dunia 2010, dengan 3.283 kicauan per detik. Rekor tersebut kemudian dipecahkan saat pengguna Twitter memosting 7.196 kicauan per detik ketika menyaksikan Final Piala Dunia Wanita FIFA 2011 antara Jepang dan Amerika Serikat. Saat penyanyi Amerika Michael Jackson wafat pada 25 Juni 2009, server Twitter jebol setelah puluhan juta pengguna memperbarui statusnya untuk menuliskan kata "Michael Jackson", dengan tingkat kicauan sekitar 100.000 per jam. Hingga 1 Januari 2013, rekor dicatatkan oleh pengguna yang berdiam di Zona Waktu Standar Jepang saat merayakan tahun baru, dengan jumlah kicauan 33.388 per detik; mengalahkan rekor sebelumnya (25.088 kicauan per detik), juga dicatatkan oleh pengguna di Jepang saat pemutaran televisi film "Castle In The Sky".
Dari September hingga Oktober 2010, perusahaan mulai memperkenalkan "New Twitter", edisi baru yang sepenuhnya mengubah tampilan twitter.com. Perubahan ini termasuk kemampuan untuk melihat gambar dan video tanpa harus meninggalkan situs Twitter; yaitu dengan cara mengklik kicauan individu yang berisikan tautan pada gambar dan klip dari berbagai situs web pendukung, termasuk YouTube dan Flickr. Perubahan lainnya adalah merekonstruksi antarmuka dengan memindahkan tautan seperti '@balas' (mentions) dan 'Retweets' ke bagian atas arus Twitter, sedangkan fitur 'Pesan' dan 'Keluar' dapat diakses melalui bar hitam di bagian paling atas twitter.com. Pada tanggal 1 November 2010, perusahaan mengumumkan bahwa "New Twitter" ini telah diluncurkan bagi semua pengguna.
Pada tanggal 5 April 2011, Twitter menguji tampilan halaman depan baru dan secara bertahap meninggalkan "Old Twitter." Namun, beberapa glitch muncul setelah halaman itu diluncurkan, sehingga halaman depan "retro" sebelumnya tetap digunakan sampai masalah tersebut bisa diatasi; halaman depan baru akhirnya diperkenalkan kembali pada tanggal 20 April. Pada 8 Desember 2011, Twitter lagi-lagi merombak situsnya dengan memperkenalkan fitur desain "Fly". Dikatakan bahwa layanan ini akan lebih memudahkan pengguna baru untuk mengikuti dan mempromosikan iklan. Selain itu, Twitter juga memperkenalkan tab 'Beranda' (Home), 'Hubungkan' (Connect), dan 'Temukan' (Discover), serta mendesain ulang profil dan lini masa kicauan. Tata letak twitter.com yang baru ini kerap dibandingkan dengan Facebook.
Pada 21 Februari 2012, diumumkan bahwa Twitter dan Yandex, mesin pencari yang berbasis di Rusia, telah sepakat untuk bekerja sama. Pada 21 Maret 2012, Twitter merayakan ulang tahunnya yang keenam, sekaligus mengumumkan bahwa Twitter telah memiliki 140 juta pengguna, dengan jumlah kicauan 340 juta per hari. Jumlah pengguna Twitter naik 40% dari September 2011, yang mana pada saat itu penggunanya berjumlah 100 juta. Pada April 2012, Twitter mengumumkan membuka kantor baru di Detroit agar bisa bekerja sama dengan perusahaan otomotif dan biro iklan. Twitter juga memperluas kantor cabangnya hingga ke Dublin.
Pada tanggal 5 Juni 2012, logo modifikasi Twitter diresmikan melalui blog perusahaan; menghapus teks "twitter" dan hanya menampilkan gambar burung sebagai simbol Twitter. Selanjutnya, pada 5 Oktober 2012, Twitter mengakuisisi perusahaan klip video bernama Vine. Pada 24 Januari 2013, Twitter merilis Vine sebagai aplikasi mandiri yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan berbagi klip video sepanjang enam detik. Video Vine yang dibagikan di Twitter akan terlihat langsung pada umpan Twitter pengguna. Karena masuknya konten yang tidak pantas, aplikasi ini dinilai 17+ di Apple app store.
Pada 18 Desember 2012, Twitter mengumumkan telah memiliki 200 juta pengguna yang aktif per bulannya. Pada 18 April 2013, Twitter meluncurkan aplikasi musik bernama "Twitter Music for iPhone".

Klaim
      1.      Twitter adalah sebuah layanan messaging di mana para pengguna bisa saling 'follow' satu sama lain, dan pesan yang terkirimkan tidak harus menyertakan penerima pesan tertentu, tapi lebih cenderung untuk dikirimkan dan ditampilkan bagi para follower di dalam sistem itu sendiri Layanannya lebih seperti sebagai sebuah sistem broadcasting daripada sebuah layanan direct messaging.
      2.    Penemu Twitter Jack Dorsey - Biz Stone - Evan Williams
      3.      Twitter berkantor pusat di 1355 Market Street, Suite 900, San Francisco, CA 94103, USA.

Gambar




Abstrak
Twitter merupakan layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter, yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet). perkembangan teknologi merupakan pemicu bertambahnya para pengguna twitter.
Twitter mampu menghimpun tanggapan atas informasi yang di update secara langsung. Kecepatan twitter dalam menyampaikan pesan dan mendapat respon. Media komunikasi menggunakan media sosial twitter merupakan salah satu bentuk pembuktian eksistensi diri dari modernisasi dalam gaya berkomunikasi.




sumber :
http://alamtekno.blogspot.co.id/2013/06/sejarah-twitter.html
http://www.pckeren.com/2014/01/pendiri-dan-sejarah-twitter-secara.html
http://i0.wp.com/ridwanaz.com/wp-content/uploads/2011/09/cara-membuat-twitter-terbaru.jpg
http://asafinfo.blogspot.co.id/2013/10/sejarah-twitter.html
http://sejarahdigital.blogspot.co.id/2014/10/sejarah-twitter-lengkap.html#.V1TCivl97IU
https://about.twitter.com/id/company
http://christinaosha.blogspot.co.id/2016_05_01_archive.html
http://utamibiran.blogspot.co.id/2016/05/invensi-skype.html
http://hotmaida2803.blogspot.co.id/2016/06/invensi-myob.html
http://irmaassignment.blogspot.co.id/2016_05_01_archive.html
http://fannyhilyatunnisa9a.blogspot.co.id/2014/03/sejarah-dan-perkembangan-twitter_19.html
http://serbaada02.blogspot.co.id/2012/10/fitur-dan-aplikasi-pada-twitter.html
http://nationalgeographic.co.id/berita/2016/02/fitur-baru-timeline-twitter-jadi-mirip-facebook
http://gopego.com/news/a/2013/03/twitter-akhirnya-dapatkan-hak-paten-untuk-twitter
http://e-tutorial.dgip.go.id/wp-content/uploads/brosur/leaflet_paten.pdf




Tidak ada komentar:

Posting Komentar